Pimpinan OPD Pemkab Malra Tindak Lanjut Evaluasi Kinerja di Jakarta

Langgur, SentralNusantara.com –Sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Maluku Tenggara (Malra) saat ini tengah berada di Jakarta, menindaklanjuti evaluasi kinerja penjabat kepala daerah. Keberangkatan sejumlah pimpinan OPD yang terkesan mendadak ini mendapat sorotan dari masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadis Kominfo) Malra, Antonius Raharusun, memberikan klarifikasi. Dihubungi via telepon pada Minggu (19/5/2024), Raharusun menjelaskan bahwa keberangkatan sejumlah pimpinan OPD terkait langsung dengan laporan pertanggungjawaban.

“Tidak semua pimpinan OPD yang berangkat, hanya beberapa yang berkaitan langsung dengan laporan evaluasi kinerja kepala daerah yang akan disampaikan kepada tim evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” jelas Raharusun.

Lebih lanjut, Raharusun menyebutkan bahwa keberangkatan sejumlah pimpinan OPD juga untuk menjawab Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 800.1.14/748/IJ tanggal 6 Maret 2024, yang ditujukan kepada Penjabat (Pj) Bupati/Walikota perihal Jadwal Evaluasi Kinerja Pj Kepala Daerah Bulan April dan Mei Tahun 2024. Evaluasi untuk Kabupaten Malra dijadwalkan pada tanggal 21 Mei 2024 (Selasa).

“Kelima pemerintah daerah yang akan mengikuti evaluasi pada hari Selasa tersebut adalah Kabupaten Malra, Kota Pare-Pare, Kota Tual, Kabupaten Lebak, dan Kota Kediri,” tambah Raharusun.

Sebelum keberangkatan, para pimpinan OPD telah mengikuti Pra Asistensi Evaluasi Pj Bupati Malra yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal (Irjen) Kemendagri. “Kami sudah melakukan asistensi secara virtual bersama Irjen Kemendagri pada hari Rabu kemarin terkait data-data yang diperlukan untuk dilaporkan oleh Pj Bupati saat evaluasi nanti,” ungkap Raharusun.

Dalam evaluasi kinerja Pj Kepala Daerah Bulan April dan Mei Tahun 2024, Pj Bupati Jasmono akan didampingi oleh Pj Sekda Nicodemus Ubro dan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Nurjanah Yunus.

Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa pimpinan OPD yang turut serta dalam evaluasi tersebut antara lain Kadis Kominfo, Kepala Bappeda, Inspektur, Kaban Kesbangpol, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (terkait dengan stunting), Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan, Kadis Perhubungan, Kadis Kearsipan, dan Kadis Lingkungan Hidup.

Pos terkait