Iven Sail to Indonesia 2024: Ajang Promosi Pariwisata Maluku Tenggara yang Mendunia

Langgur, Sentralnusantara.com – Iven Sail to Indonesia (WSI) tahun 2024 menjadi sarana promosi potensi pariwisata oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku Tenggara (Malra). Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) setempat, Antonius Walken Raharusun, dalam acara welcome ceremony peserta Yacht Rally 2024 di Pelabuhan Ohoi Debut, Kecamatan Manyeuw, pada Selasa, 2 Juli 2024.

Antonius Walken Raharusun, yang akrab disapa Keny, menambahkan bahwa potensi pariwisata yang dimaksud meliputi wisata alam-bahari, budaya, religi, dan kuliner.

“Pemda menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta operator Sail yang telah mempercayakan Ohoi Debut di Kabupaten Malra sebagai entry point pelaksanaan WSI 2024,” jelas Keny.

Melalui momen ini, lanjut Keny, ada nilai tambah yang diperoleh Pemda maupun masyarakat, khususnya di Ohoi Debut. Masyarakat setempat diharapkan dapat mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki untuk diperkenalkan kepada wisatawan.

“Kita mengharapkan bisa memperkenalkan budaya Kei kepada para wisatawan,” ujarnya.

Terkait pelaksanaan Yacht Rally 2024, Keny, yang juga Kadis Kominfo setempat, mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat berdampak positif bagi Malra, khususnya pariwisata. Menurutnya, melalui kegiatan ini, para yachter yang datang dapat menyampaikan kepada teman-teman mereka di negara masing-masing tentang keindahan Kepulauan Kei, khususnya pariwisata Malra.

“Kedatangan yacht dalam WSI 2024 di Malra terbagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada 1-3 Juli terdiri atas 25 yacht, sementara gelombang kedua pada 15-21 Juli dengan 19 yacht. Total keseluruhan yang sudah terdaftar adalah 44 yacht dengan 138 yachter,” ungkap Keny.

Pihaknya juga telah mempersiapkan faktor keamanan selama iven berlangsung. Langkah tersebut diambil untuk memastikan bahwa wisatawan merasa aman dan nyaman menikmati panorama alam dan pariwisata di Malra.

“Kami harus memastikan bahwa wisatawan itu aman dan nyaman dalam menikmati panorama alam dan pariwisata di Malra,” tandas Keny.

Diketahui, iven Sail to Indonesia telah menjadi agenda tahunan Pemkab setempat. Tahun 2024 ini adalah gelaran yang ke-14 kalinya.

Pos terkait